Friday, October 12, 2007

Software Untuk Melihat Bulan Syawal

Tahun lalu negeri ini merayakan idul fitri pada hari yang berbeda dan tahun ini kembali terulang. Pada Idul fitir 2007 ini NU, Muhammadiyah dan beberapa ormas islam lainnya tidak sependapat tentang penetapan tanggal satu Syawal dimana idul fitri itu dilaksanakan.
Memang dalam menetukan awal datangnya bulan Syawal dan berakhirnya bulan Ramdhan ini sangat besar resiko dan tanggung jawabnya. Bagaimana tidak, jika terjadi kesalahan dalam penetapannya, jutaan umat di negeri ini akan menyalahi syariat, dimana apabila tanggal 1 Sayawal telah masuk maka haram untuk berpuasa karena pada waktu itu wajib berbuka menurut syariat islam.
Jika kita membaca Riau Pos Edisi minggu (7/10) lalu ada artikel yang berjudul "Software untuk Melihat Bulan Syawal." Artikel yang ditulis Ibnu Rasyid ini dibuktikan bisa menentukan awal bulan Syawal.
Menurut Ibnu Rasyid tanggal 1 Syawal jatuh pada tanggal 12 Oktober 2007 bagi Muhammadiyah dan 13 Oktober NU, ormas-ormas islam lainnya dan pemerintah. Software itu sendiri dapat didownload secara gratsi di Home Planet. Dengan software ini kita bisa menentukan sendiri kapan datangnya bulan Syawal, selamat mencoba!